09 August 2011

"Adakah Istri Yang Tidak Cerewet?"

Posted by javasugar at 1:48 PM
Alkisah, seorang laki-laki berjalan tergesa-gesa menuju kediaman khalifah Umar bin Khattab. Ia ingin mengadu pada khalifah karena tak tahan lagi dengan kecerewetan istrinya.

Begitu sampai di depan rumah Khalifah, laki-laki itu tertegun. Dari dalam rumah terdengar suara istri Khalifah sedang ngomel, marah-marah. Cerewetnya bahkan melebihi istri yang akan diadukannya kepada Umar.

Akan tetapi, tak sepatah katapun terdengar dari mulut Khalifah. Umar diam saja, mendengarkan istrinya yang sedang menumpahkan gundah gulananya.
Akhirnya lelaki itu mengurungkan niatnya, batal melaporkan istrinya pada Umar.

Apa yang membuat seorang Umar bin Khattab yang disegani kawan maupun lawan, berdiam diri saat istrinya ngomel? Mengapa ia hanya mendengarkan, padahal di luar sana, ia selalu tegas pada siapapun?

Umar berdiam diri karena ingat 5 hal. Apakah itu? Karena istri adalah :
1. Benteng Penjaga Api Neraka
2. Pemelihara Rumah
3. Penjaga Penampilan
4. Pengasuh Anak-anak
5. Penyedia Hidangan

Dengan mengingat lima peran ini, Umar kerap diam setiap istrinya ngomel. Mungkin istrinya lelah dan jenuh dengan segala beban rumah tangga di pundaknya. Namun istri telah berusaha membentenginya dari api neraka, memelihara hartanya, menjaga penampilannya, mengasuh anak-anak, menyediakan hidangan untuknya.

Untuk segala kemurahan hati dan peran sang istri, tak mengapa Umar mendengarkan keluh kesah buah lelah. Umar hanya mengingat kebaikan-kebaikan istri untuk menutupi segala cela dan kekurangannya.

Apabila istri sudah puas menumpahkan kata-katanya, barulah ia menasehati, dengan cara yang baik, dengan canda tawa. Hingga tak terhindar pertumpahan ludah dan caci maki tak terpuji. SUBHANALLAH!!

Akankah suami-suami masa kini dapat mencontoh perilaku Umar ini. Ia tak hanya berhasil memimpin negara, tetapi juga menjadi imam idaman bagi keluarganya.

0 comments on ""Adakah Istri Yang Tidak Cerewet?""

Post a Comment

 

Jasmine's Daily Notes Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal