17 June 2011

SAAT TIRAI TERTUTUP

Posted by javasugar at 5:30 AM
 Saat mendengar sebuah berita “miring” atau yang umum dikenal dengan gosip tentang saudara kita (*adapun saudara yang dimaksud di sini adalah sesama kita sebagai muslim/muslimah). Bagaimana reaksi kita untuk pertama kalinya??..ehmm…kebanyakan dari kita dengan sadarnya akan menelan mentah-mentah kabar itu, bahkan ada juga yang dengan semangat ’45 meneruskannya kemana-mana.

Kita sering menceritakan aib saudara kita, sambil berbisik, “Ssstttt…ini rahasia lho!” atau “jangan bilang siapa-siapa yaa..”. Nah, yang dibisiki tersebut juga akan meneruskan kabar itu ke teman/rekan lainnya juga dengan pesan yang sama, “ini rahasia loh!”.

Seorang pujangga cinta yang sangat terkenal seantero dunia, Kahlil Gibran, pernah melukiskan situasi tersebut dengan indah dalam kalimatnya, “Jika kau sampaikan rahasiamu pada angin, jangan salahkan angin bila ia kabarkan pada pepohonan.”

Inilah yang sering sekali terjadi. Dikisahkan oleh narasumber yang memiliki seorang rekan muslimah (B) yang sangat terpuji akhlaknya. Saat dia menikah, narasumber ini menghadiri acaranya. Beberapa minggu kemudian, seorang sahabat dari narasumber (C) mengatakan,”saya dengar dari si A tentang ‘malam pertama’ nya si B.” Tentu saja narasumber itu kaget dan langsung spontan bertanya, “darimana si A tahu??”. Dengan santainya rekan dari narasumber (C) ini menjawab, “ya dari si B sendiri! Bukankah mereka sahabat dekat..”

Masya Allah!! Rupanya bukan saja “rahasia” orang lain yang kita umbar kemana-mana, bahkan “rahasia kamar” pun kita ceritakan pada sahabat kita. Yang sayangnya juga punya sahabat lagi selain kita, dan sahabat itu pun juga punya sahabat.

Ada sebuat hadits Nabi : “Barang siapa yang membongkar-bongkar aib saudaranya, Allah akan membongkar aibnya. Barangsiapa yang dibongkar aibnya oleh Allah, Allah akan mempermalukannya, bahkan di tengah keluarganya.”

Fakhr Al-Razi di dalam tafsirnya menceritakan sebuah riwayat bahwa para malaikat melihat di Lauhul Mahfudz akan kitab catatan manusia. Mereka membaca amal saleh manusia. Ketika sampai pada bagian yang berkenaan dengan kejelekan manusia, tiba-tiba sebuah tirai jatuh menutupnya. Malaikat berkata, “Maha Suci Dia yang menampakkan yang indah dan menyembunyikan yang buruk.”

So...jangan bongkar aib saudara kita, agar Allah tidak membongkar aib kita. “Ya Allah, tutupilah aib dan segala kekurangan kami di mata penduduk bumi dan langit dengan rahmat dan kasih sayang-MU, Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.”
Sourced by : M. Edi S.K (Serba-Serbi TOP-Info)



0 comments on "SAAT TIRAI TERTUTUP"

Post a Comment

 

Jasmine's Daily Notes Copyright © 2009 Paper Girl is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal